Monday, May 16, 2011

Membuat Lemari - Part 1




Tutorial cara membuat lemari yang mencakup transformasi dasar pada Blender. Pada Part 1 ini difokuskan dalam pembuatan lemari lowpoly.


Model lemari yang digunakan adalah model lemari yang kebetulan ada di rumah saya. saya memakai model ini karena dalam pembuatannya mencakup dasar-dasar dari transformasi mesh. Semoga teman-teman bisa berhasil membuatnya. dan langsung saja kita coba membuat lemari ini.

1. Buka program Blender. Lalu langsung saja tekan Numpad 5 lalu Numpad 1 sehingga kita mengganti sudut pandang menjadi Front Ortho.








2. Lakukan resize pada cube dengan cara menekan S > Z > 5, lalu S > X > 1.8. Inilah dasar lemari yang selanjutnya akan kita transform bentuknya.






3. Tekan TAB sehingga kita masuk pada edit mode. Lalu tekan Z agar tampilan mesh menjadi wire sehingga memudahkan kita dalam mengedit lemari. Tekan A untuk menghilangkan areal pick (blok berwarna kuning).





4. Tambahkan Loop Cut dengan cara menekan CTRL + R. Maka akan tampil sebuah garis vertikal berwarna ungu. Jika tidak ada, setelah menekan CTRL + R, tempatkan kursor pada bagian atas dari mesh.





5. Scroll up mouse sehingga terdapat 2 buah garis ungu vertikal. Lalu klik kiri untuk mengeksekusinya. Jika berhasil, garis ungu tersebut akan berubah menjadi kuning.






6. Tekan S > X > 2.5 sehingga 2 garis tersebut berada pada posisi pinggir.





7. Sekarang tambahkan Loop Cut secara horizontal pula. Tekan CTRL + R, lalu scroll up sehingga terdapat 2 buah garis ungu horizontal.






8. Resize garis horizontal tersebut dengan menekan S > Z > 2.8. sehingga posisi 2 garis tersebut berada di atas dan di bawah.





9. Tambahkan 2 loop cut horizontal sebagai sekat untuk bagian buku. Setelah itu, tekan S > Z > 0.1 untuk memperkecil jarak 2 buah garis tersebut.







10. Pindahkan posisi garis-garis tersebut ke arah atas dengan menekan G > Z > 0.9.





11. Tambahkan lagi 2 loop cut secara horizontal sebagai sekat untuk lemari bagian bawah. Resize loop cut tersebut dengan S > Z > 0.3.







12. Geser posisi loop cut tersebut dengan menekan G > Z > 1.7.





13. Untuk jaga-jaga jika terjadi kesalahan atau program yang tiba-tiba crash, simpan dulu pekerjaan kita dengan cara tekan F2 lalu tentukan nama file dan dimana kita akan menyimpannya. Di sini saya akan menggunakan nama Lemari.blend. Terakhir, tekan tombol Save As Blender File.





14. Ok, akhirnya bagian depan lemari sudah selesai kita bagi. Langsung saja kita edit bagian samping lemari. Tekan Numpad 3 untuk beralih ke Right Ortho.





15. Langsung saja tambahkan 2 loop cut vertikal.






16. Resize loop cut tersebut dengan ukuran 2. Ingat, karena sudut pandang telah berubah dari Front Ortho menjadi Right Ortho, maka vektor yang kita gunakan juga berubah. Maka untuk resize loop cut tersebut, kita tekan S > Y > 2.





17. Tambahkan pula 2 loop cut secara horizontal. Nah, dari sini kita harus dapat mengerti sifat loop cut. Bila kita akan menambahkan loop cut horizontal secara langsung, maka loop cut tidak akan berada di tengah mesh. Karena sebelumnya kita sudah membuat beberapa loop cut horizontal lainnya. Maka kita akan menambahkan loop cut secara terpisah.


18. Pertama, tambahkan loop cut pada bagian atas mesh. Lalu pindah posisi loop cut tersebut sebesar 0.8.







19. Tambahkan 1 buah loop cut lagi pada bagian bawah. Lalu pindah posisi loop cut tersebut sejauh -0.9. Perhatikan bahwa ada tanda dash (strip) sebelum 0.9. Ini karena kita akan memindahkan posisinya ke bagian negatif (bagian bawah) dari titik pusat.






20. Selamat, akhirnya kita sudah selesai membuat beberapa bagian pada lemari. Simpan kembali file kita dengan menekan CTRL + S.


21. Selanjutnya, tekan Z untuk kembali ke solid shading. Lalu tekan Numpad 1 agar sudut pandang kita menjadi front ortho.






22. Rubah vertex mode menjadi Face select mode. Perhatikan bahwa muncul beberapa titik. 1 titik mewakili face untuk daerah pilih tersebut.





23. Pilih beberapa face yang akan kita edit. Agar mudah, perhatikan gambar berikut. Untuk memilih face lebih dari 1, tekan SHIFT + Right Click Mouse pada face yang akan kita pilih.





24. Ganti sudut pandang menjadi Right Ortho dengan menekan Numpad 3. Lalu tekan Z untuk masuk ke wire shading agar memudahkan pekerjaan kita.






25. Extrude face tersebut sejauh -2 dengan menekan E > -2.





26. Lalu hapus faces tersebut dengan cara menekan X > Faces. Perhatikan garis kuning dari faces akan menghilang, itu artinya kita sudah berhasil menghapus faces tersebut.






27. Kembali ke solid shading, posisikan sudut pandang kita seperti gambar di bawah. Selain menampilkan hasil extrude yang sudah kita lakukan, pada sudut pandang ini kita akan meng-extrude sudut dari mesh tersebut. Pilih faces seperti pada gambar.






28. Extrude faces tersebut dengan ukuran -0.25.





29. Sekarang kita akan extrude sisi satunya. Ganti sudut pandang menjadi arah kiri.





30. Pilih faces sama seperti sudut sebelah kanan yang sudah kita extrude. Extrude sejauh -0.25 juga.






31. Tekan TAB untuk kembali ke object mode. Agar tampilan menjadi halus, klik pilihan Smooth pada Object Tools (toolbar sebelah kiri).





32. Save file ini kembali.

Akhirnya, proses dasar pembuatan lemari sudah selesai kita kerjakan. Semoga teman-teman berhasil mencoba membuat lemari ini. Untuk minggu depan, akan saya lanjutkan tentang bagaimana caranya memperhalus tampilan lemari ini sehingga hasil akhirnya seperti lemari yang sebenarnya. Jadi, tunggu minggu depan untuk tutorial Membuat Lemari – Part 2.

No comments:

Post a Comment