Friday, June 24, 2011

BLENDER???




Apa itu Blender?? Apa bedanya Blender dengan aplikasi CG (Computer Graphic) lainnya?? Mengapa Blender???


Mungkin itulah pertanyaan kalian waktu pertama kali mengenal aplikasi Blender ini. Well, Blender adalah sebuah aplikasi CG berbasis OSS (Open Source Software), yang artinya software ini bisa kita dapatkan secara gratis (suka yang gratis-gratis kan?? Hehe). Memang, saya sendiri baru mengenal Blender kurang dari 2 bulan yang lalu. Tetapi setelah mencoba Blender selama 1-2 minggu, langsung tertarik ama ni software.

Kenapa??
Yang pertama udah jelas. GRATIS alias nggak bayar. Meskipun gratis, tapi jangan pandang Blender sebelah mata. Karena berbasis OSS, maka pengembangannya bisa dikatakan lebih cepat daripada software berbayar lainnya. Setiap versi Blender terbaru mempunyai tampilan interface yang lebih menyegarkan mata.


Yang kedua. Blender nggak Cuma bisa buat gambar 2D aja. Blender juga bisa membuat (yang pastinya) 3D, animasi, game (yup, beneran. Game lho), dan juga bisa buat video editing. Wew, banyak juga ya pekerjaan yang bisa dilakuin Blender ini??
Yang ketiga (dan seterusnya deh), karena apa y??? bingung juga jadinya. Pokoknya banyak deh keuntungan Blender ini. Haha.

Kalau kalian penasaran seperti apa sih hasil Blender, coba aja search di mbah Google tentang beberapa projek yang udah selesai dengan Blender ini. Beberapa diantaranya adalah film pendek atau short movie THE ELEPHANT’S DREAM dan juga BIG BUCK BUNNY. Salah satu film hasil Blender yang bisa nembus pasaran adalah AVATAR. Jaw dropping isn’t it?? Hohoho.

Kalian bisa dapetin software Blender ini di www.blender.org. Memang banyak versi yang bakal kalian lihat disana. Sebagai contoh, pertama kali saya belajar Blender pake Blender versi 2.49. Setelah kira-kira 1 bulan nyoba, akhirnya saya download Bender versi 2.56 Beta version. Baru 1 minggu yang lalu akhirnya saya dapet juga Blender versi 2.7 Stabble version. Memang ada sedikit (tapi lumayan banyak juga sih) perubahan interface dari Blender versi 2.4 dengan Blender versi 2.5.

Mau tau bedanya?? Tunggu aja postingan saya berikutnya ya. Haha. Moga-moga kalian nggak bosen ma tulisan saya. Harap maklum y teman-teman, saya juga baru pertama kali buat beginian. Maka dari itu, mohon kritik dan saran dari temen-temen semua. Semua masukan atau uneg-uneg juga monggo dituangin aja di sini. Semakin banyak bertukar pikiran, semakin banyak ilmu yang bisa kita dapet. Hehe

Well guys, see u no my next chapter. Kalau mau ngubungin saya, bisa di alamat email aldo_pradana_putra@yahoo.com. Sukses selalu and keep your spirits up..

No comments:

Post a Comment