Saturday, June 25, 2011

Membuat Papan Catur - Part 1

Hello guys. Kali ini saya mau sedikit sharing tentang tutorial cara membuat papan catur yang simple n sederhana banget. Di tutorial ini terdapat beberapa cheat yang mungkin akan berguna bagi teman-teman, karena ini adalah beberapa cara transformasi dasar di Blender.

Tutorial ini saya bagi menjadi 3 bagian. untuk deskripsi masing-masing bagiannya adalah sebagai berikut:
1. Part 1: membuat dasar papan catur
2. Part 2: membuat tepi atau pinggiran dari papan catur
3. Part 3: membuat meja transparan (sebagai objek tambahan)

Untuk minggu ini, kita akan membuat dasar dari papan catur. Dan hasil akhir yang akan kita peroleh adalah seperti ini.






Dan langsung saja kita mulai membuat papan caturnya.

1. Seperti biasa, buka aplikasi Blender.




2. Tekan NUMPAD 5 untuk merubah view ke orthogonal supaya memprmudah kita. Lalu tekan NUMPAD 1 untuk melihat dari sisi depan (front view). Cube inilah yang akan menjadi papan catur utama kita.




3. Lakukan zoom in (SCROLL UP) agar kita dapat melihat objek dengan lebih jelas. Lalu lakukan resize pada sumbu z agar ketinggian dari cube menjadi lebih kecil. Caranya adalah tekan R > Z. Saya melakukan resize sebesar 0.015.




4. Rubah sudut pandang menjadi seperti berikut. Cara paling mudah adalah menekan NUMPAD 2,4,6,8 sampai pandangan sesuai dengan gambar di bawah.




5. Klik TAB dan kita akan masuk ke “edit mode”. Lalu klik face select mode dan pilih face bagian atas dari cube.




6. Tekan P lalu akan muncul sub menu separate. Pilih yang selection.




7. Nah, sekarang cube tersebut telah terbagi menjadi 2 buah objek. Ini dilakukan agar kita dapat mengedit bagian atas cube dan tidak akan mempengaruhi bagian bawah cube.

8. Kembali ke object mode dengan cara menekan TAB, lalu pilih bagian atas cube (bagian yang baru saja kita pisahkan). Lalu klik TAB lagi. Tekan NUMPAD 7 sehingga kita dapat melakukan editing dari sudut atas (top view).




9. Klik tombol Alt + R dan posisikan mouse pada bagian atas objek sehingga akan muncul sebuah garis vertikal berwarna ungu. Scroll Up sehingga terdapat 7 buah garis vertikal berwarna ungu, lalu klik kiri. Maka garis-garis ungu tersebut akan berubah menjadi berwarna kuning.







10. Lakukan hal yang sama pada bagian horizontal.



11. Klik lagi face select mode, lalu lakukan multiple click pada bagian face seperti gambar berikut. Cara melakukan multiple click yaitu tekan dan tahan SHIFT sambil menekan klik kanan pada mouse, dan pilih face-face yang ada pada gambar.



12. Bagian inilah yang akan kita beri warna putih. Klik pada tab MATERIAL.



13. Kalian dapat merubah nilai-nilai yang ada di sebelah kanan sehingga warna putih yang didapatkan sesuai dengan selera teman-teman. Untuk sekarang, saya biarkan pada nilai awalnya saja, tanpa merubahnya.



14. Nah, warna putih sudah selesai. Sekarang ganti warna hitam yang akan kita berikan. Pilih faces yang berbeda dari faces yang berwarna putih. Berikut adalah gambarnya.



15. Nah, kita akan memberikan 2 MATERIAL dalam 1 objek. Hal ini kelihatannya sepele, namun sangat berguna. Pertama, klik tanda + seperti pada gambar. Maka akan tampak menu material ke-dua.




16. Setelah kita klik tab NEW, maka tampilan akan sama seperti sebelumnya. Pilih slider pada DIFFUSE dan geser slider ke arah warna hitam (arah bawah).





17. Setelah itu, jangan lupa untuk klik tab ASSIGN agar warna dapat diimplementasikan pada objek, sehingga objek memiliki 2 warna.




18. Oke, kita telah berhasil membuat papan catur tahap pertama. Klik TAB untuk kembali ke Object Mode. Lalu posisikan kamera seperti pada gambar.



19. Tekan tombol NUMPAD 0 dan kita akan melihat objek ini dari sudut pandang kamera (camera view). Klik kanan pada garis tepi kamera, lalu zoom in dan geser-geser posisi kamera (tekan G) agar posisi kamera menjadi dekat ke objek.




20. Tekan F12 agar kita dapat melihat hasil render papan catur ini.



21. Tekan tombol ESC untuk keluar dari render screen. Lalu tekan F2 untuk menyimpan file ini. Teman-teman bisa memberi nama file ini sesuai keinginan teman-teman. Lalu klik Save as Blender File.




Nah, tutorial Part 1 sudah kita selesaikan. Untuk minggu depan, kita akan memberikan tepi atau pinggiran untuk papan catur ini. Jadi, harap sabar menunggu minggu depan ya. Yang pasti, dengan terus berlatih, maka teman-teman pasti bisa menjadi Blender Artist. Hehe.

See u next week guys..

1 comment: